Loading...

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, PKDP Duri Bershalawat , Masak 1000 Lemang dan Makan Bajamba


Mandau ( Detikperjuangan.com) – Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) Duri menggelar kegiatan bershalawat yang di pandu oleh Tuanku Mudo Irwan dari Pariaman Sumatera Barat. 

Bertempat di Mushola Al-Khifah Km 06 Jalan Rangau, selain kegiatan bershalawat untuk menyemarakkan acara, PKDP Duri juga memasak 1000 Lemang ciri khas dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SWT setiap tahunnya. 

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SWT, yang mengangkat tema "Semoga Kita Dapat Meningkatkan Keimanan, Ketaqwaan dan Cinta Kepada Allah SWT, Dan Rasulullah" Juga dihadiri Bundo Kanduang Kasmarni. 
Ketua PKDP Kabupaten Bengkalis Syaiful Ardi merasa bersyukur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini berjalan lancar, mulai dari tadi malam hingga hari ini. Ditambah dalam proses pembuatan seribu lemang yang dilakukan secara gotong royong oleh Keluarga besar Pariaman. 




"Dimana pembuatan 1000 lemang ini, merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh PKDP Kabupaten Bengkalis dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini dikenal dengan nama gerakan seribu lemang," ucapnya. 

Dikatakan Syaiful Ardi, dalam tradisi masyarakat Pariaman, pelaksanaan malamang berlangsung selama sekitar tiga bulan dalam memperingati Maulid Nabi.

"Di kampung kita, ada istilah Bulan Maulud, Adik Maulud, dan Anak Maulud. Jadi kegiatan malamang di PKDP se-Riau untuk memperingati Maulid Nabi," jelasnya. 

Selain bershalawat dan malamang, diutarakannya,  sesuai tradisi yang dilakukan para tetua terlebih dahulu, makan Bajamba juga menjadi salah satu agenda dalam perayaan ini yang juga sebuah tradisi para Masyarakat minang tersebut.

"Makan bajamba sendiri adalah makan secara bersama-sama didalam ruangan dengan tujuan mempererat tali persaudaraan antar sesama dan menjadi sebuah tradisi yang masih lestari hingga saat ini," ungkapnya. 

Ditambahkan Syaiful Ardi, perayaan Maulid Nabi kali ini kita berharap semakin meningkatkan rasa kekeluargaan terhadap sesama, khususnya Masyarakat PKDP yang ada di Kabupaten Bengkalis dan Kecamatan Mandau dan sekitarnya. 

“Terima kasih atas kehadiran saudara-saudara kami khususnya bunda Kanduang  ibu Kasmarni, Camat Mandau, Riki Rihardi, dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Pengurus PKDP dari luar daerah yang telah hadir memenuhi undangan kami. Semoga ini menjadi amal ibadah untuk kita semua,” pungkasnya. 

Sementara itu, Bundo Kanduang Kasmarni yang turut hadir menjelaskan sifat serta teladan Nabi Muhammad SAW yang dapat dimaknai. Meskipun beliau merupakan seorang pemimpin, namun beliau hidup dengan kesederhanaan.

"Kedermawanan serta kemurahan hati, karena betapa pentingnya berbagi dan berbuat baik terhadap sesama manusia. 
Sehingga hal ini menjadi pembelajaran agar tidak terlalu terpaku pada materi dan menjalani kehidupan dengan penuh rasa syukur," ujar Kasmarni. 

Ia juga menyebutkan, keadilan Nabi Muhammad SAW menjadi contoh paling sempurna, melalui peringatan Maulid Nabi ini, mari seluruh pengurus PKDP, untuk bersama-sama merenungkan setiap ajaran dan hikmah yang disunnahkan Rasulullah. 

"Kami mengajak semua pengurus PKDP di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan desa untuk terus berkarya, sehingga cita-cita dan impian untuk menjadikan kabupaten Bengkalis bermarwah maju dan sejahtera," pungkas Bundo Kanduang Kasmarni. 

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar PKDP Duri, Kehadiran Bundo Kanduang Kasmarni juga memberikan bantuan 5 juta untuk pembangunan Mushola Al-Khifah yang sebelumnya Pengurus PKDP Duri juga mengumpulkan sedekah. 

Turut hadir acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar PKDP Duri tersebut, Camat Mandau Riki Rihardi, Lurah se-Kecamatan Mandau, Pengurus DPW PKDP Provinsi Riau, IK-IK dibawah PKDP, Pengurus DPD PKDP Pekanbaru, Inhu, Kampar, Rohul, Siak, dan Generasi Muda Pariaman (Gempar).( ***) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama