Loading...

Pengurus PMBDS Resmi Dilantik Oleh Tomas Perwakilan 5 Etnis Batak


Mandau ( Detikperjuangan.com) Dewan Pengurus Pusat ( DPP)  Persatuan Masyarakat Batak Duri Sejahtera ( PMBDS ) Sabtu (12/10/24) resmi dilantik untuk periode 2022-2026 .Pelantikan oleh perwakilan tokoh  masyarakat ( Tomas) 5 Etnis diantaranya Manerep Marbun ( Toba),Janter Turnip ( Simalungun), Lingga Sinulingga ( Karo) ,Abu Hanifah Dalimunte ( Mandailing) dan Tarzan Barutu ( Pak Pak ) berlangsung lancar dan meriah  di Sopo Solagracia Sebanga Kelurahan Talang Mandi Kecamatan Mandau disaksikan oleh para Penasehat.



Usai pelantikan Pengurus DPP PMBDS yang diketuai oleh Ketua Umum  Santun Sihombing, Sekretaris Gunsang Manalu dan Bendahara Karlos Simanjutak serta jajarannya dilanjutkan dengan pelantikan sekaligus  pengambilan sumpah Ketua Harian Herris Silalahi dan 11 kordinator bidang  oleh Ketua Umum Santun Sihombing. 



Usai pelantikan para Koordinator , Ketum Santun Sihombing juga melantik Pengurus  DPC PMBDS Tegar dengan  Ketua P.Sitorus, Sekretaris David Simanjuntak dan Bendahara Donal Hutahaean  dan DPC Tanah Putih Sebanga Ketua Daniel Purba, Sekretaris Posman Gultom dan Bendahara Retna Marpaung.

Hadir dalam pelantikan tersebut perwakilan dari seluruh marga marga, Kapolsek Mandau diwakili Kanit Intelpam Iptu Belfrit Silalahi, Kapolsek Pinggir diwakili Panit 1 Binmas Ipda Parulian Harahap ,SH, Danramil 03  Mamdau diwakili Serka SDG Barus.



Pantauan di lapangan pelantikan Ketum DPP PMBDS berlangsung hikmad dan penuh sakral secara adat Batak,diiringi seni musik Gondang , saat   perwakilan dari 5 etnis menyerahkan "Tunggal Panaluan"  kepada Ketum Santun Sihombing, dan menyerahkan "Podang" kepada Sekretaris Gunsang Manalu serta menyerahkan "Hajut"  kepada Bendahara Karlos Simanjuntak. 

Setelah itu dilanjutkan dengan memberikan nasehat ( Poda) dan mengukuhkan secara adat sakral nenek moyang  Batak dengan memercikkan air jeruk purut.

Selama acara berlangsung seluruh undangan yang hadir juga dihibur penampilan Tim  angklung PPA PMBDS  yang dipimpin Suntea br Sitompul dengan lagu Lancang Kuning dan juga Lagu O Tano Batak. 
Selain itu juga penampilan tor tor dari setiap etnis lengkap dengan busana adat masing masing atnis 



Ketua Umum DPP PMBDS Santun Sihombing  mengatakan dengan pelantikan ini maka keberadaan PMBDS semakin solid dalam mempersatukan  masyarakat Batak di Kabupaten Bengkalis secara umum.Dan juga   membangun silaturahmi yang kuat dalam mencapai visi dan misi PMBDS 

" Untuk mencapai visi dan misi PMBDS diantaranya " Hamoraon" ( Kekayaan) " Hagabeon,", (memiliki anak banyak dan berumur panjang ) dan Hasangapon ( kemuliaan,kewibawaan dan kharisma) sangat dibutuhkan persatuan dan kesatuan serta kekompakan.Selanjutnya dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat Batak," , Kata Ketum DPP PMBDS Santun Sihombing 

Usai acara inti dilanjutkan dengan acara hiburan dengan penampilan berbagai tarian ( Tor tor) dan juga penampilan lagu dari musisi Batak ( Red/dpc)


 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama