Loading...

PHR dan KSA - UIR Uji Coba Inovasi Tingkatkan Produksi Lapangan Minyak PHR di Blok Rokan




Ket Foto : Tim project Ultra Fluid Flow (UTF)  berfoto bersama di depan fasilitas uji coba UTF di lapangan produksi Minyak PHR di Minas, Riau (PHR)




Pekanbaru ( Detikperjuangan.com) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bekerja sama dengan aliansi strategis PT Karya Satria Abadi (KSA) dan Universitas Islam Riau (UIR) berhasil meningkatkan perolehan minyak dan penurunan air terproduksi pada uji coba inovasi teknologi tunnel venturi di 3 sumur di lapangan minyak Minas, Blok Rokan, Riau.  

Uji coba ini berhasil meningkatkan perolehan minyak rata-rata sumur hingga 25% serta penurunan air terproduksi (watercut) rata-rata 1.000 barel air per hari (BWPD) pada tiap sumur.

Teknologi yang dinamai Ultra Fluid Flow (UTF) tersebut berupa penempatan tunnel venturi SOCT (Segregation Oil Collecting Tool) pada bagian tertentu pipa tubing, sehingga potensi lapisan minyak yang pada metode sebelumnya tidak ikut terdorong tekanan pompa, kini dapat terangkat ke permukaan sehingga menghasilkan produksi minyak yang lebih dari sebelumnya tanpa menambah daya pompa, sekaligus mengurangi air terproduksi.

EVP Upstream Business PHR Andre Wijanarko mengatakan PHR membuka ruang inovasi dan inisiatif bagi para penyedia teknologi yang memiliki visi dan misi yang sejalan dalam mencapai target nasional produksi minyak sebesar 1 Juta BOPD di tahun 2030. “Termasuk para peneliti dari kampus-kampus di Riau. PHR akan melakukan seleksi dan memberikan kesempatan uji coba (pilot project) di lapangan, dengan skema No Cure No Pay (NCNP),” kata Andre.

Teknologi UTF yang diusung PHR, KSA dan UIR ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman bersama (MoU) yang dilakukan di sela-sela konvensi internasional Indonesian Upstream Oil and Gas (IOG) 2023 di Nusa Dua, Bali akhir 2023 silam, di mana inovasi UTF ini merupakan salah satu dari lima inisiatif dalam MoU tersebut yang dianggap potensial ditindaklanjuti untuk mendukung peningkatan produksi yang berdampak pada ketahanan energi nasional.( Rls)


TENTANG PHR WK ROKAN
PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang usaha hulu minyak dan gas bumi di bawah  Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR berdiri sejak 20 Desember 2018.

Pertamina mendapatkan amanah dari Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021. Pertamina menugaskan PHR untuk melakukan proses alih kelola dari operator sebelumnya. Proses transisi berjalan selamat, lancar dan andal. PHR melanjutkan pengelolaan WK Rokan selama 20 tahun, mulai 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041.

Daerah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km2 berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul (gathering stations). WK Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi pertamina. Selain memproduksi minyak dan gas bagi negara, PHR mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat dan lingkungan. ( PHR)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama