Loading...

Dirkrimsus Polda Riau Lakukan Patroli Cyber Terkait Berita Hoax dan Ujaran Kebencian

Teks Foto : Dirkrimsus Polda Riau Kombes Pol Nasriadi ( Ist) 


Bengkalis ( Detikperjuangan.com) — Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur, Bupati dan  Walikota sudah dimulai oleh Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) serentak di setiap daerah termasuk di Kabupaten Bengkalis.

Semenjak dimulainya tahapan Pilkada dari Pendaftaran para Bakal Calon oleh KPU disinyalir  banyak bermunculan akun akun siluman di Media Sosial seperti Facebook, Instagram, Tik Tok dan lainnya dengan menyerang salah satu Calon terutama Petahana.

Namun pihak Kepolisian Daerah (Polda) Riau khususnya Jajaran dari Kriminal Khusus (Krimsus) akan melakukan Patroli Cyber untuk memantau akun siluman yang menyerang salah satu Calon.

"Ya, kita senantiasa melakukan Patroli Cyber dan bisa ada Media Sosial (Medsos) yang menyerang pasangan Calon dengan Berita Hoax dan menimbulkan kebencian. Namun kita juga meminta kepada masyarakat jika ada menemukan hal seperti itu segera laporkan," kata Direktur Reskrimsus (Dirkrimsus) Polda Riau, Kombes Pol Nasriadi saat dikonfirmasi Via Whatsapp Kamis (19/9/2024) kepada wartawan 

Ditambahkannya, dalam pelaksanaan Pilkada semua pihak mulai dari Tim Sukses juga jangan keterlaluanlah dalam menggunakan Medsos apalagi lepas kontrol dengan menyerang Calon lainnya, lebih baik tonjolkan program, Visi dan Misi dari Jagoanya.

"Jika ada yang terbukti menyerang salah satu Calon dan memenuhi unsur tentu bisa dikenakan hukuman sesuai Pasal yang tertera dalam UU ITE dan dapat dipidana," terangnya.

Maka dari itu sambungnya , agar dalam serangkaian tahapan Pilkada ini mari bersama  ciptakan suasana sejuk dan damai tanpa ada saling menjekkan serta memprovokasi antara Calon kepala Daerah baik Gubernur, Walikota dan Bupati di Media Sosial.

"Hargai perbedaan baik sesama simpatisan, tim pemenangan, biarkan masyarakat memilih pilihan mereka sesuai hati nurani tanpa ada paksaan atau pun pengaruh yang di Medsos," tandasnya.( Rls)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama