Loading...

Kapolsek Mandau Pimpin Pemadaman Karlahut di Desa Bumbung








Bathin Solapan ( Detikperjuangan.com)  Kapolsek Mandau Kompol Hairul Hidayat SIK MH MM memimpin langsung pemadaman kebakaran lahan dan hutan ( Karlahut) yang terjadi Senin (29/7/24) sekitar pukul 09.00 WIB sampai selesai  di Jalan Pemda RT 02 RW 03 Duri XIII Desa Bumbung, Kecamatan. Bathin Solapan, Kabupaten. Bengkalis.11. Titik koordinat Lokasi Karlahut :
N : 1.41763698
E : 101.42011197



Tim gabungan  yang berjumlah sebanyak 77 personil berjibaku memadamkan kobaran api yang melalap lahan berisi tanaman sawit  seluas 3 hektar  milik Binsar Erikson Situmorang dan Lubis
Cuaca panas dan berangin  tidak menyurutkan Tim Gabungan walau kondisi air yang sangat terbatas.

Kapolsek Mandau Kompol Hairul Hidayat SIK MH MM mengatakan dalam giat tersebut pihaknya dibantu 1 Unit Mobil Damkar Kecamatan. Talang Muandau.

"  Penyebab Karlahut  masih dalam lidik dan kita telah mendatangi TKP dan melakukan pengecekan serta upaya pemadaman .Selanjutnya mencatat saksi - saksi , ", Kata Kapolsek Mandau.




Ditambahkan ada sebanyak 77  Personil turun ke lapangan terdiri dari Gabungan Polsek Mandau dan BKO Polres Bengkalis : 12 Pers dari Koramil 03 Mandau 4 Pers,  BPBD : 17 orang (11 Orang BPBD Kab. Bengkalis dan 6 Orang BPBP Kec. Bathin Solapan) dan juga dari pihak Damkar Kecamatan Bathin Solapan 1 Orang,  Damkar Kec. Talang Muandau : 3 Orang serta  perangkat Desa Bumbung  10 Orang
Dan juga masyarakat pemilik Lahan disekitar lokasi Karlahut  sebanyak 30 Orang 

Kapolsek Mandau juga mengatakan bahwa  akses untuk menuju ke lokasi Karlahut merupakan Jalan Tanah yang berjarak -/+ 15 KM dari Jalan Lintas Duri Dumai (Simpang Jalan Pemda) Desa Bumbung Kecamatan. Bathin Solapan, Kabupaten. Bengkalis.

Guna mencegah api semakin meluas lanjut Kapolsek  di lokasi Karlahut telah masuk alat berat (Eskavator) untuk membuat sekat kanal dengan ukuran 500 M x 500 M mengingat lokasi kebakaran merupakan lahan gambut.

" Sekitar  pukul 16.30 WIB  kegiatan pemadaman selesai dilaksanakan dan akan dilanjutkan besok hari untuk kegiatan pendinginan. Berdasarkan informasi yang didapat dari Pihak BPBD, bahwa untuk besok hari 1 (satu) Unit Helikopter Water Bombing milik BNPB akan ikut membantu kegiatan pendinginan di lokasi Karlahut Jl. Pemda RT 02 RW 03 Duri XIII Desa Bumbung, Kec. Bathin Solapan, Kab. Bengkalis.,", Pungkas Kapolsek Mandau ( Rls/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama