Loading...

Buka MTQ ke-20 Tingkat Kecamatan Pinggir , Bupati: Jadikan Media Tingkatkan Rasa Cinta Masyarakat kepada Al-Qur’an



Pinggir ( Detikperjuangan.com) Bupati Bengkalis Kasmarni membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-20 tingkat Kecamatan Pinggir, di Astaka Utama, halaman Kantor Camat Pinggir, Sabtu, 27 Juli 2024.

Pembukaan perhelatan MTQ tingkat Kecamatan Pinggir tahun 2024 ini berlangsung sangat meriah dengan dihiasi lampu-lampu ornamen mulai dari terowongan masuk, hingga kemilau lampu yang menambah kemegahan arena Astaka Utama.


Ditandai dengan penekanan tombol sirene, kemeriahan pembukaan MTQ  Kecamatan Pinggir semakin bertambah karena turut dihiasi dengan kembang api dan lighting yang memancar ke segala penjuru, serta tabuhan kompang yang menggema.

Atas terselenggaranya MTQ ini, Bupati Bengkalis Kasmarni memberikan apresiasi serta penghargaan kepada Camat Pinggir, Panitia Pelaksana serta pihak-pihak yang terlibat, karena hal ini sebagai wujud sinergitas dalam menjalankan program pembangunan dan pengembangan nilai-nilai keagamaan di tengah-tengah masyarakat. 


"Melalui pelaksanaan MTQ ini, selain sebagai salah satu instrumen untuk kita mengukur capaian dari ikhtiar tilawatil qur’an yang selama ini telah kita lakukan, momentum ini juga hendaknya dapat kita jadikan sebagai media untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat Kecamatan Pinggir kepada Al-Qur’an," ujar Bupati Bengkalis Kasmarni.


Bupati perempuan pertama di Provinsi Riau ini yakin, apabila setiap insan masyarakat Kecamatan Pinggir mampu meningkatkan rasa cintanya kepada Al-Qur'an, yang di wujudkan dengan menghabiskan banyak waktu untuk membaca, mendengarkan, menyampaikan serta mengamalkan pesan-pesan yang terkandung dalam kehidupan sehari-hari, maka akan terbentuklah masyarakat yang berkepribadian mulia, sehingga dapat mendorong terciptanya suatu tatanan kehidupan masyarakat yang damai dan harmonis di kecamatan yang penuh dengan keberagaman ini, dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.


Dalam kesempatan itu, Bupati Bengkalis Kasmarni juga menyebutkan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah bergerak maju dalam menjalankan delapan program unggulan daerah maupun program pembangunan lainnya. Baik yang berkaitan dengan pelayanan dasar, maupun pembangunan infrastruktur. Seperti program bantuan keuangan khusus satu miliar satu kecamatan, satu kelurahan dan satu desa. 

Menurutnya, dalam kurun waktu 2 tahun  (2022-2023) lebih dari 120 km jalan desa telah terbangun, 1.876 unit rumah masyarakat kurang mampu telah direhab, terwujudnya peningkatan kualitas SDM kaum perempuan, layanan sosial yang semakin baik di desa, pembinaan mental spiritual yang semakin baik dengan adanya penyuluh agama di desa, serta terfasilitasinya berbagai kegiatan kepemudaan dan banyak hal lainnya yang dapat dinikmati masyarakat secara langsung

Alhamdulillah, atas wujud perhatian kami kepada desa selama ini, maka sejak tahun 2023 yang lalu, kita Kabupaten Bengkalis menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi Riau yang telah menerima penghargaan tingkat Madya dalam percepatan pembangunan desa dari Menteri Desa dan PDTT RI," ucapnya.

Terhadap apa yang telah dilakukan selama ini, Bupati Bengkalis Kasmarni mengaku hal tersebut semata-mata atas dasar niat mulianya dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju, dan Sejahtera.

"Insya Allah apa yang telah kita programkan, apa yang telah kita bangun dan kita kerjakan, akan terus berlanjut dalam fase BERMASA yang berkelanjutan. dan kami optimis, semua itu dapat kita wujudkan, apabila adanya dukungan, do’a serta sinergitas dari seluruh elemen masyarakat," pungkasnya.

Bupati Bengkalis Kasmarni juga berkesempatan menyerahkan secara simbolis bantuan rumah layak huni dari program penyaluran zakat Baznas Kabupaten Bengkalis.

Turut hadir pada Pembukaan MTQ ke-20 tingkat Kecamatan Pinggir saat itu, Anggota DPRD Al Azmi, Sekretaris Daerah dr. Ersan Saputra TH, Anggota DPRD Provinsi Riau terpilih, M Alga Viqky Azmi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Toharudin, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan H Bustami HY.

Kemudian, Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis, Ismail, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Hj Siti Aisyah, Ketua DWP Kabupaten Bengkalis Ira Vandriyani Ersan, Camat Pinggir Zama Rico Dakanahay, anggota Forkompimcam Pinggir serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis ( Rlsdiskominfotik/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama