Loading...

Wujud Penerapan SOP dan Kedisplinan , Petugas Lapas Bengkalis Gelar Serah Terima Regu Pengamanan



 

Bengkalis ( Detikperjuangan.com) - Apel serah terima regu pengamanan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh seluruh regu pengamanan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkalis, selain wajib dilaksanakan, kegiatan apel serah terima tersebut menjadi salah satu wujud penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan upaya untuk peningkatan disiplin petugas terutama petugas pengamanan, Rabu (12/06).
 
Regu Pengamanan atau Regu Penjagaan memiliki peranan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Lapas. Keamanan dan ketertiban yang utama ialah keadaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di dalam Lapas yang aman dan kondusif.
 
Kalapas Bengkalis, Muhammad Lukman mengatakan Regu Pengamanan bertanggung jawab untuk selalu mengkontrol keadaan dan jumlah WBP. Kontrol dan pengawasan menjadi kunci yang utama dalam menjaga keamanan serta ketertiban. Sehingga, wajib dilaksanakan apel serah terima tugas dan apel penghuni secara berkala. Buku atau administrasi pengamanan tidak luput dari pemeriksaan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir mengapresiasi kepada seluruh anggota regu pengamanan atas dedikasi dan komitmen mereka dalam menjaga keamanan serta ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan. Beliau juga menekankan pentingnya kolaborasi dan kerja sama di antara semua pihak terkait dalam menjaga keamanan dan keteriban di lingkungan di dalam lembaga pemasyarakatan.




Seluruh piket dari tiap-tiap regu jaga mengikuti jalannya prosesi ini, adapun fungsi dari apel serah terima tugas adalah pelimpahan tanggung jawab anggota penjagaan dari petugas jaga lama kepada petugas jaga baru. Di samping itu piket lama akan menyampaikan kepada petugas piket baru, tentang kelengkapan barang inventaris, maupun menyampaikan kejadian-kejadian dan perkara yang ditangani oleh petugas jaga sebelumnya.

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan apel pagi rutin setiap harinya. Apel pagi kali ini di pimpin oleh Kasi Binadik Lapas Bengkalis, Boy Fernandes.

Apel pagi rutin merupakan wujud kedisiplinan dan kesiapan kerja pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Seluruh pegawai senantiasa menjaga integritas dalam memulai pekerjaan hari ini. Jajaran Lapas Bengkalis selalu melaksanakan apel pagi dan siang, baik itu ada pimpinan ataupun tidak ada pimpinan apel adalah wajib. ( Rls/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama