Loading...

Kurangi Resiko Bencana, BPBD dan TP PKK Bengkalis Gagas Keluarga Tangguh Bencana


Bengkalis- ( Detikperjuangan.com) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis bekerjasama Tim Penggerak PKK kabupaten Bengkalis menggelar sosialisasi Keluarga Tangguh Bencana (Katana), Senin (24/7/2023) bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut. 

Dalam acara tersebut dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik H Alfakhrurazy mewakili Bupati Bengkalis Kasmarni mengatakan, melalui Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 1 Tahun 2012, bahwa perlu dikembangkan strategi penanggulangan bencana yang berbasis masyarakat, salah satu diantaranya adalah pengembangan desa/kelurahan tangguh bencana, dengan tujuan untuk membentuk struktur desa dan kelurahan sebagai antisipasi masyarakat supaya tanggap, siaga serta sigap terhadap kondisi kebencanaan.


"Artinya, sebelum ada bencana, kita sudah siap menghadapinya baik dari struktur administrasi maupun struktur budayanya. Untuk itu, desa dan kelurahan dengan berbagai komunitas yang ada diwilayahnya, dapat lebih proaktif dalam melakukan tahapan-tahapan pengurangan resiko terjadinya bencana tersebut,” harapnya.

Selanjutnya mulai dari pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana, rekrutmen dan mengorganisir para relawan untuk bersama-sama membuat perencanaan penanggulangan bencana, melaksanakan kegiatan pelatihan dan simulasi, sosialisasi, serta kegiatan lainnya.


"Kepada setiap Kader PKK untuk selalu meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya, serta rasa kepeduliannya terhadap lingkungan dan daerahnya, serta ikut andil dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Bengkalis yaitu terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera,” pesan Razy.

Razy juga mengatakan agar kiprah Tim Penggerak PKK tidak terbelenggu dan teruslah berinovasi mengembangkan kualitas tumbuhkan ide-ide yang inovatif untuk membangun keluarga yang sejahtera, sehat dan tangguh bencana, untuk melaksanakan kegiatan 10 program pokok PKK.


Terpisah Kelaksa BPBD Bengkalis Sufandi mengatakan kegiatan Katana ini sengaja dilaksanakan agar khususnya di desa dapat tanggap terhadap penanggulangan bencana. 

“Penanggulangan bencana bisa diatasi jika saling berkolaborasi antara pihak desa dan masyarakat. Terutama bagaimana cara mengatasi persoalan bencana yang ada di wilayah desa. Melalui sosialisasi ini mudah mudahan dapat menekan bencana di daerah,” harap Sufandi. 

Tampak Hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Siti Aisyah, Dandim 0303/Bengkalis diwakili Pasi Ops Kpt Czi. Suratmin, Kapolres Bengkalis diwakili Kabag SDM Kompol Eddy Renhar, Ketua Kejaksaan Bengkalis diwakili Kasubagbin Kejari Bengkalis Aristoteles, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis Sufandi, Kadis PMPTSP Kabupaten Bengkalis Basuki Rakhmad, Kadis Dagprin Kabupaten Bengkalis Zulpan, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis, Tasril Akmal, Para peserta Sosialisasi dan undangan lainnya.(Inf)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama